FIRST EXPERIENCE PEMILU 2019 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Udah pada liat google doodle ini kan ? Lagi serba serbi pemilu nih, sama kaya post aku hari ini.

Well, jarinya udah pada kecelup tinta kaaan hari ini ? Kalau presidennya pilih siapa btw ?  01 ato 02 ?? Hmmm siapapun presiden terpilih nanti jangan sampai lupa besok masih masuk kantor yaaa, baru libur lagi lusa nih .-.

Nah karena masih fresh from the oven, read: baru aja kejadian, ada yg pengen aku share setelah pemilu serentak 2019 alias pesta demokrasi 17 April hari ini. Jadi ini pertama kali aku alamin selama beberapa tahun udah jadi pemilih yg baik dan budiman. 

Cerita ini aku share buat kasih pengalaman aku doang, kalau ternyata ada nih yg begini. Bukan lebay atau sok ide, cuma biar pada tau. Biar oooooh... aja okaaaaaaay

Ngga dapet undangan 

Ceritanya tahun ini tuh tahun pertama aku ke tempat pemilihan di daerah asal abi, karena udah ikut KTP nya doi. Pertama kali juga ngga dapet surat undangan atau disebut dengan C6, i don't know why.. tapi kita tau buat yg ngga dapet C6 bisa langsung ke TPS dengan bawa identitas, KTP atau Surat Keterangan gitu. Karena ketentuan nya bisa milih setelah jam 12 siang, akhirnya kita berangkat jam 12.30 an, lagian tempatnya ternyata ngga terlalu jauh dari rumah. 



Ngga boleh pilih di sini 

Waktu kita samperin TPS nya ngga ada banyak orang, cuma beberapa petugas sama ada ibu* yg duduk. Ngga ada yg antre sama sekali, nah Abi kasih deh KTP nya ke petugas yg ada di meja depan deket pintu masuk. Tapi trus ada petugas yg bilang kalau nggabisa nih milih dengan bawa KTP, karena katanya surat suaranya punya DPT yg belom dateng. Waktu aku sama Abi lagi dengerin dan masih aga bingung gitu, makin banyak orang yg dateng dan mereka juga bawa KTP doang. Ngga bawa si C6 tadi, nah makin banyak deh orang yg ngga ngerti kenapa nggabisa milih.

Aku denger suara mereka nadanya makin lama makin keras, and honestly I didn't understand at all. Karena ngomongnya pakai bahasa daerah.

Karena ngga ngerti aku coba nanyain Abi, trus ternyata kita disuruh ke TPS lain buat milih dengan alasan untuk check dulu siapa tau nama kita ada di TPS lainnya. Semua orang pada ngomong sendiri dan makin panaaas mana tengah hari trus rame, suasana tegang pada emosi pula. 

Can you imagine that ? Sebagai mantan anak sospol aku jadi mikirnya macem*, mikir dari sisi petugas nya mikir sisi pemilihnya juga sisi hitam putihnya *gitu deh 

Ringkasan drama pikiran aku juga kejadian realnya kurang lebih begini : 

Petugas TPS 

1. Gimana nih kalau semua yg bawa KTP boleh pilih di sini, ntar DPT dateng trus surat suara kurang kita harus gimana ? 

Me : gimana ntar tanggung jawab nya sebagai petugas, ke DPT juga ke KPU de el el

2. Coba deh check TPS lain dulu, kali aja namanya ada di sana. 

Me : Jadi siapa tau udah kedaftar DPT cuman namanya di TPS yg lain. *Gitu kali yaaaa 

3. Kalau mau protes jangan ke petugas di sini, ke atasan kita aja. 

Me : Kita cuma pelaksana doang, please ibu bapak jangan marahin kita 


Rakyat Indonesia

Alias pemilih kategori DPK (Daftar Pemilih Khusus) yg bisa milih dengan KTP .. 

1. Kita kan juga warga yg punya hak suara, kalau ngga boleh milih nggabisa dong..  kita aja belain balik dari luar kota buat jadi warga yg berpartisipasi di pemilu masa iya nggabisa milih ?

Lagian bukan salah kita ngga dapet undangan, padahal kita kan juga emang warga asli sini. *Tapi aku anak baru 

2. Yakaliii ini udah hampir jam 1 trus kita masih disuruh keliling nyari TPS ? kalau jawabannya sama disuruh muterin TPS gimana ? 

Aku sama Abi juga orang muda yg bisa mobile cepet pakai kendaraan mungkin masih mikir oke lah nyari TPS lain, kali aja emang beneran ada. Tapi gimana jadinya kalau ada kakek nenek yg udah jalan dari rumahnya susah payah biar bisa milih. Tadi pun beneran ada orang tua yg dateng bawa KTP doang. 

Gimana juga kalau ada orang yg ngga ngerti trus iya iya aja disuruh keliling TPS sampe akhirnya ngga bisa milih, kan kasian 

3. Kita ngga bakalan protes dan tujuan ke TPS emang bukan buat protes, kita cuma mau gunain hak suara kita doang buat pilih pemimpin masa depan lagian ketemu atasan emang siapa kita ?  *bukan siapa Lo


Bisik bisik tetangga

1. Kalo DPT ngga dateng dan kita nggabisa milih akhirnya surat suara mau diapain segitu banyak ? Bahkan udah mau jam 1,  kalau ada DPT yg telat, sampai jam 2 emang bakal ditungguin ? Bakalan boleh ? 

Nope .. pasti engga 

Surat nya gimana ? Percuma dong udah  disiapin dan bahkan udah nolak orang DPK.. worst case ntar suratnya bakalan dicoblos sama siapa ? 

Kemana mana mikirnya kan, tapi gitu deh yg terjadi. Malah ada yg ngomong frontal banget, gimana kalo surat nya dibeli ama para calon pemimpin juga wakil rakyat itu ? 

Baru kali ini aku alamin sendiri ada hal yg kaya begini di daerah, sebelumnya tiap pemilu aku alamin yg tertib aja, dateng ke TPS trus antre sambil duduk ngobrol nungguin dipanggil, milih, celup tinta balik, kelar. Tapi hari ini segala ada drama drama. 

Endingnya ..

Happy ending buat rakyat Indonesia nih, akhirnya kita bisa milih setelah ada satu orang aku ngga tau siapa nyamperin nanya masalahnya apaan. Trus orang itu bilang kalau ini udah jam 1 jadi warga dengan KTP berhak memilih dan dapet surat suaranya. Petugas yg awalnya keukeuh pisan ngga ngebolehin akhirnya nyuruh kita antre walaupun ada satu orang yg masih ngedumel mulu. Tapi yg penting akhirnya kita bisa berpartisipasi di pesta demokrasi ini untuk nentuin pemimpin juga para wakil rakyat.

Seneng si aku jadi tau ada hal yg mungkin dialamin orang lain dan itu ngga semudah biasanya. Aku jadi lebih ngehargain aja kesempatan kaya begini, yg awalnya yaudah take it for granted, sekarang jadi bisa lebih liat lagi dari banyak sisi. Sometimes it's not that easy for anyone else. Apapun itu ..

Lastly, semoga mereka yg terpilih bisa memberikan segala yg terbaik untuk negara dan rakyat Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Thank you for reading, see you!

xo

Rifka 

0 comments